Percantik Bisnis Kamu di Google

Disclaimer: Post ini merupakan lanjutan dari Masuk Google dalam 1 Malam dan pembaca disarankan sudah memiliki Google My Business. Jika belum bisa membaca tutorial Masuk Google dalam 1 Malam terlebih dahulu.

Setelah berhasil memasukkan bisnis kamu ke Google, sekarang saatnya untuk mengoptimalkan tampilan Knowledge Graph (KG) bisnis kamu! Cara bagaimana? yuk baca tutorial ini, sudah kami jabarkan hal-hal yang penting yang perlu kamu lakukan secepatnya.

BUSINESS INFO

Ini merupakan bagian paling penting dan nomor 1 dari Google My Business, yaitu untuk melakukan perubahan informasi bisnis sesuai yang kamu tentukan. Untuk melakukan perubahan ikuti langkah berikut:

  1. Dari Dashboard, pilih location dan klik Manage Location
  1. Pilih Edit yang terletak di atas kanan box
  1. Kemudian kamu akan masuk ke halaman seperti berikut

Pada halaman info, kamu dapat merubah informasi berikut:

  • Nama Perusahaan
  • Kategori Perusahaan
  • Alamat
  • Waktu Buka
  • Telepon
  • Website
  • Foto
Kategori bisnis merupakan hal yang paling krusial

Masukkan informasi bisnis-mu sekomplit mungkin. Namun, perhatikan betul untuk melakukan pengaturan kategori bisnis. Hal ini menyangkut terhadap bagaimana Google mengklasifikasikan bisnis mu dan akan mempengaruhi SEO dan juga bagaimana Google akan menampilkan bisnis mu. Biasanya, bisnis seperti hotel, restaurant dan bisnis lainnya yang menerima pelanggan di kantor mendapatkan fitur lebih untuk knowledge graph-nya.

Berikut adalah contoh bisnis dengan knowledge graph yang spesifik untuk kategori-nya

Restaurant Google Knowledge Graph
Hotel Google Knowledge Graph

 

BUSINESS POSTS

Mungkin banyak yang kurang lazim dengan fitur ini karena fitur ini baru saja dirilis di tengah tahun 2017. Masih sedikit juga bisnis yang mulai memanfaatkan fitur Post pada Google My Business. Namun, jangan menunda untuk menggunakannya karena Post mengindikasikan aktifitas digital bisnis kita yang akan membantu Google dalam meningkatkan rank website kamu!

Berbeda dari blog post, post pada Google ini lebih ke arah social media post. Post yang ringkas, visual dan tidak lupa dengan CTA (call-to-action). Ya Google ingin kamu melakukan post sesingkat namun semenarik mungkin, dan tak luput memberikan CTA agar pembaca dapat diarahkan menjadi lead! Simple banget, kamu hanya perlu memasukkan:

  1. Gambar
  2. Judul
  3. Apakah ini jenis event? Jika iya, kamu akan diminta waktu dan tanggal
  4. Berikan CTA dan pilih caption CTA kamu

 

BUSINESS PHOTOS

Di era digitalisasi yang sedang booming, kompetitor kamu ada jutaan jumlahnya. Untuk menarik perhatian mereka, kamu dapat menggunakan visualisasi yang sangat menarik. Selain mengupload logo, kamu dapat mengupload foto-foto bisnis kamu dan juga tim kamu. Selain itu, berhubung listing bisnis kamu terbuka di Google, customer kamu pun dapat mengupload foto bisnis kamu. Dari sini kamu dapat mensortir dan melihat bagaimana customer kamu engage dengan bisnis kamu.

Selain itu, foto juga mirip dengan post dalam segi SEO. Tingginya tingkat aktifitas post foto akan mempengaruhi bagaimana Google akan melakukan ranking. Apalagi kalau foto juga diupload oleh customer sendiri.

 

INSIGHTS, ANALYTICS AND WEBSITE

Ketiga hal ini merupakan hal yang sebenarnya paling menarik. Namun, ketiganya akan dijabarkan pada post tersendiri kedepannya. Jadi jangan lupa untuk subscribe!

Hold on, We got more for you